Monday, February 3, 2014

MENU DAN ICON MS.ECXEL 2007

1. Elemen pada Microsoft Excel 2007



Pada saat Anda memulai Excel 2007, akan muncul sebuah dokumen kosong. Mulai dari sini, Anda dapat menambahkan data, mengubah tampilan data, meminta Excel meringkas data, atau menemukan informasi dalam file bantuan Excel.

Gambar berikut menunjukkan komponen-komponen terpenting Excel 2007, yaitu jendela workbook, ikon menu kontrol, quick access toolbar, baris tab, formula bar, size button, name box, area spreadsheet, scroll bar, tombol navigasi, nama sheet, baris status, dan zoom.

a. Ikon Menu Kontrol
Ikon menu kontrol Excel 2007 sangat berbeda dengan Excel 2003 yang hanya berisi instruksi-instruksi untuk mengubah posisi jendela. Dalam Excel 2007, isi perintah-perintah ikon menu kontrol ini akan muncul saat ikon menu kontrol tersebut diklik, sebagaimana ditampilkan dalam gambar berikut.



  • New, yang dilambangkan dengan simbol  merupakan perintah untuk menampilkan lembar kerja kosong untuk dilakukan pengetikan dokumen baru. Untuk memulai pekerjaan pada Microsoft Excel 2007 dilakukan dengan klik pada ikon ini.







  • Open, disimbolkan dengan lambang  merupakan perintah untuk membuka dokumen Microsoft Excel 2007 yang telah tersimpan dalam hardisk, CD/DVDRom. USB Flashdisk, Disket, atau media simpan lain.
  • Save,merupakan perintah untuk menyimpan file lembar kerja Excel 2007 yang baru dibuat atau diedit, yang sebelumnya pernah atau belum pernah tersimpan di dalam hardisk, CD/DVDROM, USB Flashdisk, disket, atau media simpan lainnya.
  • Save Astombol ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan perintah . Perintah sudah dilengkapi dengan fasilitas yang apabila diklik terdiri atas perintah-perintah seperti ditampilkan pada gambar berikut.


  • Keterangan:
    • Excel Workbook, adalah perintah menyimpan dokumen dalam format file default dan Microsoft Excel 2007.
    • Excel Macro Enabled workbook, adalah perintah untuk menyimpan lembar kerja sebagai sebuah template yang dapat digunakan untuk menyimpan lembar kerja ke format lain.
    • Excel Binary Workbook, yaitu perintah untuk menyimpan lembar kerja ke beberapa format dan diyakini dapat diakses dengan mudah.
    • Excel 97-2003 Workbook, digunakan untuk menyimpan lembar kerja dalam format yang sangat cocok untuk diedit oleh Microsoft Excel 1997 hingga 2003.
    • Find add ins for other File formats, perintah ini digunakan untuk mempelajari dari help tentang add-ins untuk menyimpan format dokumen ke bentuk lain, misalnya ke format PDF atau XPS.
    • Other Format, adalah perintah untuk membuka kotak dialog Save As, sehingga kita leluasa
    b. Quick Access Toolbar
    Quick access toolbar letaknya di pojok kanan atas tepatnya di sebelah kiri ikon menu kontrol. Setiap tombol dikenali menurut bentuk-bentuk ikon gambar yang masing-masing mewakili perintah tertentu dan berbeda perintah antara tombol satu dengan tombol lainnya.

    c. Baris Tab
    Lingkungan kerja Excel 2007 sangat berbeda tampilannya dengan Microsoft Excel versi sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada tampilan baris judul pull down menu yang fungsinya berubah menjadi baris judul tab/baris tab. Pada setiap tab terdiri atas kumpulan toolbar-toolbar.

    d. Size Button
    Size button digunakan untuk mengatur tampilan lembar kerja. Dalam layar Excel 2007 terdiri dari empat tombol sebagai berikut.
    • Minimize Untuk menutup sementara Ms. Excel, jendela ditutup dan dikirim ke taskbar menjadi sebuah ikon. Untuk membuka kembali klik pada ikon di taskbar.
    • Restore Mengembalikan jendela Ms. Excel keukuran semula.
    • Maximize Mengubah ukuran jendela Ms. Excel menjadi ukuran yang lebar.
    • Close Untuk menutup jendela Ms. Excel.

    e. Name Box
    Name box merupakan toolbar yang berisi alamat suatu cell.

    f. Formula Bar
    Formula bar adalah tempat untuk menuliskan rumus (fungsi).




    Keterangan :

    1. Tombol Cancel digunakan untuk membatalkan pengisian sel melalui formula bar.
    2. Tombol Enter digunakan untuk memasukkan teks atau formula pada sel yang ditentukan sebelumnya.
    3. Tombol Insert Function digunakan untuk menyisipkan fungsi tertentu ke dalam sel.

    g. Kolom
    Kolom merupakan baris lajur yang berisi abjad A sampai IV (256 kolom, kolom maksimal).

    h. Baris
    Baris berisi angka 1 sampai 65.536 (jumlah baris maksimal).

    i. Scroll Bar
    Scroll bar merupakan bar penggulung yang dibedakan menjadi dua, yaitu vertical scroll bar dan horizontal scroll bar.

    1. Vertical scroll Bar berfungsi untuk menggulung dokumen ke atas atau ke bawah.
    2. Horizontal scroll bar digunakan untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
    j. Tombol Navigasi Sheet
    Tombol navigasi sheet adalah tombol yang digunakan untuk berpindah dari satu sheet ke sheet yang lain.

    k. Baris Status
    Baris status adalah baris yang berisi keterangan yang menunjukkan lembar kerja yang saat itu digunakan/dikerjakan.

    l. Zoom
    Zoom merupakan tombol untuk mengatur penampilan layar, mengecilkan dan membesarkan lembar kerja dalam layar. 

    2. Menu Tab
    Lembar kerja Microsoft Excel 2007 memiliki menu tab yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan Anda secara cepat. Tab-tab menu tersebut adalah Tab Home, Insert, Page Layout, Formula, Data, Review, dan View. Di setiap tab terdapat kumpulan toolbar-toolbar.





    a. Toolbar
    Toolbar merupakan kotak yang berisi tombol-tombol untuk mempercepat proses pekerjaan yang Anda lakukan. Umumnya tombol-tombol ini dikenal dengan istilah shorcut sebagai perintah cepat/jalan pintas dari sebuah pilihan menu. Microsoft Excel 2007 memiliki tab menu berikut.

    1) Tab Home


    Tab home berisikan perintah-perintah standar (dasar). Elemen tab Home terdiri dari submenu berikut.
    a) Clipboard

    Kegunaan dari submenu clipboard adalah untuk menampung/ menyimpan data sementara hasil copy atau hasil pemotongan data. Dalam submenu ini terdapat perintah-perintah dalam bentuk ikon (tombol).
    b) Font

    Submenu Font terdiri dari kumpulan beberapa tombol seperti pada tabel berikut.

    c) Alignment

    Submenu Alignment terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.


    d) Number

    Submenu number terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.

    e) Styles

    Submenu Styles terdiri dari ikon (tombol) seperti pada tabel berikut.

    f) Cells

    Submenu Cells terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.

    g) Editing

    Submenu Editing terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.



    2) Tab Insert
    Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam lembar kerja seperti pembuatan tabel, memasukkan gambar, modelmodel grafik, membuat link, serta memasukkan simbol-simbol. Tab ini terdiri dari komponen-komponen sebagai berikut.

    a) Tables

    Nama dan fungsi submenu Tables terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
    b) Illustrations

    Nama dan fungsi submenu Illustrations terdiri dari ikon (tombol) seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut.
    c) Chart, digunakan untuk membuat grafik dengan berbagai model.


    d) Text, digunakan untuk membuat tex box, menyisipkan header and footer, membuat huruf indah, menyisipkan objek, dan menyisipkan simbol.


    e) Link, Digunkan untuk menyisipkan Link pada Lembar kerja 


    3) Tab Page Layout


    Tab page Layout digunakan untuk mengatur data, bagian dari tab ini adalah sebagai berikut.
    a) Themes, digunakan untuk mengatur pewarnaan, tata letak, dan efek huruf.


    b) Page Setup, digunakan untuk mengatur batas tepi kertas (margin), model dokumen (orientasi kertas), mengatur ukuran kertas (size), mengatur area pencetakan (print area), mengatur penggalan halaman (page break), memberi background dokumen, dan mencetak/memberi judul tabel.


    c) Scale to fit, digunakan untuk mengatur lebar, tinggi, serta skala kolom atau baris secara otomatis.


    d) Sheet Option, digunakan untuk menampilkan garis bantu serta heading suatu data.


    e) Arrange, digunakan untuk mengatur tata letak gambar serta perataan, group, dan rotasi gambar.

    Tab Layout Arrange

    4) Tab Formula, digunakan untuk memasukkan rumus (fungsi logika, fungsi text, format keuangan, fungsi tanggal, dan waktu).

    Tab Formula

    5) Tab Data


    Tab data digunakan untuk memasukkan data eksternal, merefresh data. Pada bagian Sort dan Filter digunakan untuk mengurutkan dan memfilter/menyaring data. Di bagian Data Tools digunakan untuk membuat teks berkolom, sedangkan pada bagian Outline digunakan untuk proses grup dan melepas grup suatu data serta membuat subtotal.

    6) Tab Review


    Tab Review digunakan untuk mengeja kesalahan tata bahasa, pemberian komentar, serta penguncian data (keamanan data).

    7) Tab View


    Tab View digunakan untuk melihat tampilan lembar kerja, mengatur ukuran tampilan lembar kerja dalam layar, serta pengaturan jendela lembar kerja


    3. Menambahkan Ikon atau Menu pada Quick Access Toolbar 

    Dalam penggunaan Excel 2007 kita membutuhkan tool-tool untuk menyelesaikan pekerjaan Excel agar akses dan eksekusi data menjadi lebih cepat. Namun, tidak jarang tool-tool yang sering dibutuhkan belum masuk ke dalam tab.
    Anda dapat memasukkan tombol-tombol perintah tersebut ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara sebagai berikut
    1. Klik tombol combo box pada baris Quick Access Toolbar
    2. Berilah tanda (√) di depan pilihan tombol tersebut.

    Jika ternyata dalam pilihan combo box tidak terdapat tool-tool yang kita butuhkan, kita dapat mengakses dan sekaligus memasukkan ke dalam Quick Access Toolbar dengan cara berikut.
    1) Klik tombol combo box pada access toolbar.
    2) Pilih dan klik pada pilihan perintah More commands.
    3) Pilihlah salah satu tombol yang diinginkan, masukkan ke dalam kotak pilihan Quick Access Toolbar.

    4. Menggunakan menu dan ikon dalam Microsoft Excel 2007

    Menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2007 mempunyai fungsi sesuai uraian materi sebelumnya. Penggunaan beberapa menu dan ikon yang terdapat pada Microsoft Excel 2007 akan dibahas pada uraian berikut.Selanjutnya, Anda dapat mempelajari lebih mendalam tentang penggunaan menu dan ikon pada materi Penggunaan Microsoft Excel 2007 untuk Menghasilkan informasi

    a. Menyimpan lembar kerja Excel
    Lembar kerja Excel yang sudah jadi perlu diamankan agar tidak hilang, yaitu dengan cara disimpan ke hardisk atau disket terlebih dahulu. Lembar kerja yang terdapat dalam sebuah workbook akan disimpan dalam file Excel, cara menyimpan workbook dengan menggunakan ikon adalah sebagai berikut.

    1) Klik ikon  pada quick access toolbar.
    2) Setelah masuk ke kotak dialog Save As, masukkan pilihan folder untuk menyimpan lembar kerja di dalam kotak pilihan Save in.
    3) Isikan nama file sesuai dengan keinginan di kotak isian file name dengan cara menghapus dulu nama file default Excel. Sebagai contoh, apabila Anda akan mengganti nama file menjadi Daftar Nilai, maka yang harus dilakukan adalah menghapus “Book 1” kemudian ketikan “Latihan 1”.

     4) Apabila Anda menginginkan file simpanan Anda dapat dibuka kembali pada aplikasi Excel selain 2007 (misalnya di Excel 2003), maka gantilah tipe penyimpanan pada kotak pilihan Save As Type menjadi Excel 97-2003 workbook.

    atau dengan memilih Save as Type Perhatikan tampilan berikut.

    5) Setelah selesai klik Save
    Dari proses penyimpanan tersebut, hasil lembar kerja Excel yang Anda simpan memiliki ekstensi xls. Berdasarkan contoh di atas, nama file yang tersimpan menjadi Latihan 1.xl

    No comments :

    Post a Comment